Review Manjali dan Cakrabirawa

Membaca buku Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami dengan tokoh utama Marja gadis 19 tahun, membuat saya teringat dengan diri pada usia yang sama.
Gadis daerah, berkiblat pada sesuatu yang moderen: kota besar, Jakarta, luar negeri. (Itulah rasanya yang juga menjadi alasan saya memilih jurusan arsitektur, terpesona dengan bangunan tinggi yang tak ada di kota tempat tinggal saya.)

Seperti remaja kebanyakan saat itu. Saya buta dan tidak peduli dengan sejarah (Apalagi candi-candi karena saya lahir dan besar di Kalimantan yang candi-candinya tidak sebanyak di Jawa) Walaupun pada waktu SMA nilai sejarah saya 9, ini bukan karena saya peduli sejarah, tapi karena saya suka ‘cerita’. Toh sejarah bagi kita yang tak mengalaminya, pada hakikatnya adalah ‘cerita’ yang konon pernah nyata.

Saya pikir di sinilah misi penting buku ini: untuk membuat ‘orang muda yang tak peduli sejarah’ menjadi melek sejarah. Paling tidak setumpuk batu-batu memiliki kisah yang lebih menarik. Ayu Utami menafsirkan ulang situs-situs yang diliputi cerita setengah dongeng. Dirangkai dengan plot bergaya detektif, bermodalkan misteri, pemecahan teka-teki, dan bahasa yang indah khas ayu utami.

Saya pernah membaca/mendengar komentar pembaca Bilangan Fu yang menganggap buku itu penuh khotbah. Pada buku kali inilah Ayu Utami saya pikir menegaskan, bahwa ia (mungkin) memang berniat demikian. Bagaikan seorang ‘professor yang telah menelaah banyak hal’ ia menjelmakan dirinya ke dalam tokoh Jacques si peneliti tua asal prancis, dan Parang Jati, yang keduanya banyak berdialog dengan ‘gadis bodoh yang selalu ceria; Marja’.

Kalau memang demikian, kenapa tidak?
Dan walaupun sudah angkatan jadul, saya senang kok membaca buku ini…
I wish I read this book when I was 19… Better late than never right?

2 thoughts on “Review Manjali dan Cakrabirawa

  1. Hai bang Sandi, aku puya banyak blog, tapi jarang di update hehe… BTW. gimana kabar Rumah Debu? aku masih mau membaca endingnya nih😀.. Ohya selamat kelahiran putrinya ya..🙂

Leave a Reply

