saat syukur terasa kurang ajar

Saya ingin bilang alhamdulillah. Tapi rasa-rasanya itu terlalu kurang ajar bagi pihak yang tertimpa. Maka saya ingin diam. Dan Mencoba menyelami rasa mereka yang menderita, walau pun saya sesungguhnya sedang bahagia.

Kemarin jam dua siang kami keluar rumah. Langit masih terang. Jalanan Ir. Djuanda Ciputat yang kami lintasi sangat lancar. Papan-papan iklan raksasa di sepanjang jalan itu seperti biasa berdiri gagah.

Saat akhirnya kami sudah selesai dengan urusan di daerah kuningan. Jam 4 sore kami singgah makan di daerah fatmawati. Saat pesanan kami tiba di meja, hujan turun lebat. Hingga saat itu kami masih tak sadar, sudah ‘melewati’ musibah yang bisa saja menimpa kami.

Setengah jam setelah kami lewat siang itu, rupanya daerah Ciputat disapa badai angin. Tiga papan reklame tumbang. Salah satunya papan iklan Makro berukuran raksasa -yang ketika kami lewati pada jam delapan malam, masih meniduri sebuah bis kopaja- Dari berita saya tahu kalau ada Toyota camry, dan Toyota alphard juga ikut tertimpa besi-besi penyangga iklan itu. Menewaskan seorang penumpang.

Saya sedikit shock. Daerah sekitar gelap. Listrik sepanjang jalan padam. Tiang raksasa yang mencolek pantat bis kopaja disinari lampu-lampu. Pemandangan monumental. Seperti patung mahakarya seniman diberi efek lampu sorot.

Kejadiannya bisa saja menimpa kami, jika siang itu kami berlambat-lambat pergi dari rumah. Tapi saya tak ingin mengucapkan alhamdulillah (Segala puji bagi Allah). Karena rasanya tidak pantas memuji musibah yang menimpa orang lain.

Maka saya hanya ingin diam, mengamati peristiwa-peristiwa yang dirancang oleh Tuhan Kita yang Maha Kocak (mengutip Ginny Lyn). Dan mencoba menghidupi hidup ini dengan sehidup-hidupnya.

One thought on “saat syukur terasa kurang ajar

Leave a Reply

