Naik Taksi, Memikirkan Laut

Saat mengobrol dengan sopir taksi yang saya tumpangi minggu lalu, tiba-tiba saya teringat buku Hemingway yang terakhir saya baca: Lelaki Tua dan Laut (LTDL)

Si sopir taksi ini punya istri keluarga nelayan. Dia sendiri punya perahu yang dipakai melaut oleh adik iparnya di Sukabumi (daerah tepi  laut selatan)

Dia bercerita pernah punya pengalaman terombang ambing di laut karena pecah perahu Seharian baru mereka bisa kembali ke darat. Ayah iparnya malah pernah seminggu hilang ditengah laut. Sudah dibikin selamatan di rumah. Eh tiba-tiba si bapak melenggang pulang.

“Kok bisa bertahan di laut selama itu?” saya memancing.

“Pegangan di kayu sisa perahu.” Jawab Bapak Sopir Taksi. Ini ngingetin saya sama filem Titanic… hii

“Trus makan apa saja yang bisa ditangkap!” Jelasnya lagi.

“Biasanya apa yang ditangkap?”
“Yang paling gampang, cumi.” Oh bukan ikan terbang… hihi..

Duh duh… Ceritanya benar-benar mengingatkan saya pada Santiago si nelayan Tua di buku LTDL, dan kisah Pi dalam buku Life of Pi.

Cerita sebagus ini kenapa saya harus membacanya dari penulis luar ya?
Hemingway  penulis The Old Man and The sea, dari Amerika.
Yan Martel penulis Life of Pi, orang Spanyol/ Canada.

Kenapa tidak ada tulisan tentang nelayan atau bertahan di laut dari Penulis Indonesia yang semenarik ituuu… Seinformatif ituuu, Sekaya ituuu (Atau saya yang kurang banyak baca buku Indonesia ya…. Maaph!)

Padahal Indonesia ini 70% nya laut…
Dimanakah cerita-cerita berbau laut? Bajak laut?
Dan Laut-laut lainnya…

Pasti ada yang salah, kenapa saya tidak pernah membaca tentang laut dari penulis Indonesia…

Oh kredit buku tentang laut yang pernah saya baca harus saya tambahkan satu lagi.
Orang Bajo karya Francois-Robert Zacot. Ini buku antropologi dari seorang peneliti Perancis.  Tuh kan lagi-lagi orang luar..

K E N A P A ?

Leave a Reply

