Negeri Van Oranje

 

Sejak awal saya tahu spirit buku ini bukan terletak pada cerita/plot, tapi pada setting Belanda dan segala tips tentang ‘mahasiswa menaklukkan Belanda’.

Maka, tanggalkanlah harapan pada cerita, lalu bukalah buku ini.

Saya sendiri tertarik (meminjam buku ini), karena ada percakapan berbahasa Banjar di dalamnya. Saya tahu, jarang sekali novel berbau Banjar yang terbit untuk pasar Nasional. Selain novel ini sepertinya hanya novel Rumah Tumbuh, (yang saya tulis itu hihi)

Walaupun begitu bahasa Banjar yang saya temuin disini masih tampak kurang Banjar.

Ada tiga perkiraan saya:

  1. Penulisnya keturunan Banjar, tapi tidak besar di Banjarmasin
  2. Penulisnya bukan orang keturunan Banjar, tapi pernah tinggal di Banjarmasin
  3. Kalimatnya di renovasi oleh editor. à yang ini saya alami di Rumah Tumbuh.

Contoh kalimat dari buku NVO ini misalnya:

“Ingat nyawa hutang lawan unda, kaina jakanya sudah bisi duit, wajib diganti!” (halaman 276)

Terjemahannya:

“Ingat kamu hutang sama saya, kalau sudah punya uang, wajib diganti!”

Dalam pemahaman bahasa Banjar versi saya sih, kata Jakanya itu harusnya pakai amun karena jakanya itu biasa dipakai untuk pengandaian sesuatu yang impossible, kayak were di bahasa Inggris. Contoh kalimatnya: If I were You.

* Oh ow, kok jadi kayak tutorial bahasa gini ya?

(btw. Gila juga nih buku. Segala bahasa campur aduk hanya sedikit yang ada terjemahannya. Bahasa2 itu al. Indonesia, Belanda, Inggris, Banjar, Betawi, Spanyol Jawa)

Selebihnya buku ini berisi deskripsi kota-kota di Belanda dan tips-tips mulai dari surat-menyurat, asrama, hingga tentang backpacking.

Buku ini bisa menjadi sumber informasi bagi mereka yang mau tinggal di Belanda, dan sebagai penghibur hati bagi mereka yang aplikasi beasiswanya belum diterima. (Bukan gue.. ^_^)

 

*Saatnya mengembalikan buku ini pada pemiliknya. Maaf ya Shita kalau lecek ^_^

 

+ NVO ini ditulis oleh: Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana. (siapakah diantara mereka yang bisa berbahasa banjar? Perkiraan saya Rizki Hihi.. bener gak ya??)

++ buku sejenis ini: Travelers Tale (oleh Ninit Yunita cs)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s