perubahan

Perubahan kawan, adalah sesuatu yang niscaya.

Mari duduk sebentar, pikirkan betapa dunia di sekeliling telah berubah demikian hebat

 

Telekomunikasi?

 

Dulu waktu kecil, entah usia berapa. Aku pernah diajak ibuku mengunjungi rumah saudara. Kami belum pernah ke sana. Dan hanya satu kali diberitahu alamatnya, beberapa bulan sebelumnya saat mereka berkunjung ke rumah kami. Hari itu Kami tersesat. Lelah mencari, akhirnya pulang tanpa sempat menemukan rumah saudara itu. Andai saja waktu itu sudah punya telpon. Cukup TELPON! Tidak akan begitu jadinya.

 

Saat kelas 1 SMP aku punya kawan sekelas bernama Juwita. Sebagai anak dari keluarga level atas, dia satu-satunya anak SMP yang memiliki PAGER. Ingat apa itu pager? Benda mungil penerima pesan. Di awal kuliahku di tahun 99, pager masih cukup berjaya. Aku pernah mengirim pesan pada kakakku lewat operator pager. Masih ingat caranya? Telpon ke operator. Sebutkan nomor pagernya. Lalu sebutkan pesan yang akan dikirim. Entah berapa lama, sampailah pesan itu di layer pager yang dituju.

 

Rasanya tahun 2001 aku mulai punya HP. Sebuah benda yang mematikan pamor pager. Kita bisa bertukar pesan jam 2 malam tanpa bikin repot operator. Pekerjaa operator pager mungkin mengalami PHK besar-besaran ya?

 

HPku waktu itu Nokia ‘pisang’ lungsuran kakakku. Berat, dan besar, warnanya kuning, persis pisang Cavendish yang selalu ada di kamarku (penyelamat perut anak kos).

 

Lalu hp kian mungil! Berwarna! Dan bisa memotret! Dan sekarang bisa streaming video!

 

Tunggu!

Ini tahun 2009… Dalam skala waktuku, jika dihitung demam hp dimulai tahun 99, maka 10 tahun saja dunia telah berubah BANYAK!!.

 

Sepuluh tahun memang bukanlah waktu yang singkat!

Perubahan tidak bisa sekejap.

Era Pager, tidak bisa langsung melompat ke era 3G.

 

Perubahan yang sehat adalah perubahan kecil yang dilakukan setiap saat. Setiap hari. Sekecil apapun, perubahan selalu berarti.

 

Perjalanan besar, selalu dimulai satu langkah kecil.

Entah kalau bangsa manusia sudah menemukan teknologi TRANSPORTER seperti di STARTREK. Manusia bisa berpindah dalam sekejab, dengan mengurai partikel tubuhnya, lalu disatukan lagi di tempat tujuan. ???

Hei, nggak ada yang enggak mungkin kan?

Kira-kira berapa tahun lagi ya???

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s