six degrees connection

Small world phenomenon

Aku sudah tertinggal separuh saat tak sengaja lewat depan tv dan melihat acara (kalo tidak salah) absolute 2020 di metro tv… tentang “six degrees connection”… Jadilah aku parkir di depan tv….

Ini tentang “jarak sosial terjauh yang ‘hanya’ dibatasi 6 orang”… Pertanyaan yang sudah beberapa tahun ini menggantung di kepalaku… (Benarkah? Jadi jarak sosial saya ke Bush cuman 6 orang?) Pertama tahu tentang ini sekitar tahun 2002 dari Kompas, di rubrik sosok tentang seorang peneliti sosiologi asal Indonesia yang bekerja sama dengan professornya di Amerika untuk penelitian jarak sosial ini.

 

Dan yang aku lihat di TV,  mereka bikin semacam tantangan kepada beberapa orang untuk menemukan orang lain dengan mencari hubungan personal melalui 6 orang saja… Aku hanya sempat menonton saat seorang petinju yang berasal dari kelas bawah ditantang untuk mencari seorang penari Broadway dengan berbekal nama, profesi, dan foto… Akhirnya si petinju yang awalnya tidak percaya dengan six degrees connection itu berseru… “It’s a small world…”

 

Kapan aku ditantang seperti itu ya??? Karena aku masih saja bertanya-tanya, jadi jarak sosialku dengan (u name it!) hanya enam orang???

Leave a Reply

