rethinking: the way we think is the way we live

Selepas membaca postingan di milis WRM tentang junkfood. Pikiran saya melayang pada Nawal el Sadawi, tentang pernyataannya soal make up, di Kompas beberapa waktu lalu.

 

Make up dan junk food memang tidak ada hubungan. Bukan juga Nawal el Sadawi hobi makan junk food. Tetapi kalimat-kalimat yang saya baca dari mereka, membawa efek sama pada saya. Berpikir ulang tentang sesuatu?

 

Tentang Nawal, saat wartawan mempertanyakan sosoknya yang tak pernah memakai make up, dia berucap “Make up adalah hijab era post modern.”

 

Sebagaimana semua orang ketahui, Nawal adalah perempuan muslim yang dari pernyataannya saya tahu, menganggap hijab adalah belenggu bagi perempuan sebagaimana make-up pada “hari gini”.

 

Sedangkan mengenai junk food. Seseorang bertanya apakah junk food itu semua fast food seperti fried chicken? Seseorang menjawab, tidak ada junk(sampah), jika makanan kita takaran nutrisinya sesuai dengan kebutuhan kita. Maka kita dibebaskan untuk mengatakan bahwa “kulit ayam itu junk buat saya, tapi tidak bagi orang yang kekurangan lemak, bahkan kekurangan makanan…”

 

Berapa banyak pernyataan yang saya adopsi mentah-mentah tanpa pernah berpikir ulang?

Apakah kita telah bebas dari belenggu yang tidak kita sadari?

 

Ucapan atau tulisan selalu dimulai dengan pikiran. Apa yang kita jalani merupakan cermin pikiran kita. Saya percaya cara kita berpikir adalah cara kita hidup. Lalu saya mulai mempertanyakan, apakah saya punya alasan yang tepat untuk segala sikap dan pilihan saya? Kenapa saya tidak pernah mengganti dompet saya? Kenapa saya menulis ini? Kenapa saya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s